Sabtu, 30 Juli 2011

psikologi umum

Pengertian dan Ruang lingkup Psikologi

1. Pengertian psikologi
Psikologi berasal dari 2 kata bahasa yunani yaitu : psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa .
Sebelum menjadidisiplin ilmu yang mandiri, psikologi memiliki akar-akar kuat dalam ilmu kedokteran dan filsafat yang hingga sekarang masih tampak pengaruhnya .

Dalam ilmu kedokteran psikologi berperan menjelaskan yang terfikir dan terasa oleh organ-organ biologi (jasmani). Sedangkan dalam filsafat yang sebenarnya “ibu kandung psikologi yang berperan serta dalam memecahkan segala masalah- masalah yang rumit berkaitan dfengan akal, kehendak, dan pengetahuan
Pada dasarnya psikologi menyentuh banyak bidang kehidupan dari organisme manusia mauoun hewan psikologi dalam hal ini berhubungan dengan penyelidikan mengenai bagaimana dan mengapa organism-organisme itu melakukan apa yang mereka lakukan.
Namun secara lebih khusus psikologi lebih banyak dikaitkan dengan kehidupan organisme manusia.
Dalam hubungan ini, psikologi didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami prilaku manusia dan juga memahami bagaimana makhluk tersebut berfikir dan juga berperasaan.



2. Ruang lingkup psikologi
Telah kita ketahui bahwa pada dasarnya ilmu psikologi adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, menenliti, dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlihat dalam proses pendidikan itu meliputi tingkah laku belajar, tingkah laku mengajar, dan tingkah laku belajar mengajar.
Dari seluruh proses pendidikan kegiatan belajar siswa merupakan kegiatan yang paling pkokok, hal ini bermakna bahwa berhasil tidaknya mencapai tujuan pendidikan tergantung kepada proses belajar siswa baik ketika ia berada dalam kelas maupun diluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar